OPENOFFICE CALC

Posted by HELMINA ZEGA on Dec 26, 2011 in Uncategorized |

Calc adalah salahsatu komponen dari OpenOffice.org. Calc adalah aplikasi pengolah angka (spreadsheet) layaknya seperti Ms.Exel pada Ms.Office. Calc dibuat sebagai pilihan alternatif selain Excel. Aplikasi ini dapat berjalan di Linux dan Windows karena aplikasi ini tergolong Open source dan dapat digunakan  secara gratis.Aplikasi ini dapat diperoleh dengan cara mendownloadnya di www.openoffice.org.

Memulai OpenOffice Calc

Untuk dapat menjalankan OpenOffice Calc, kita dapat membukanya dengan cara :

  1. Klik Start menu
  2. Kemudian klik All Program
  3. Pilih pada pilihan OpenOffice.org dan klik yang Calc
  4. Maka aplicasi Calc anda siap untuk digunakan

Lembar Kerja Calc

Calc bekerja dengan elemen yang disebut sebagai workbook yang terdiri dari banyak worksheet dan di dalam setiap worksheet terdapat banyak sel yang terdiri dari koom dan baris. Sel merupakan pertemuan antara kolom dan baris. Contoh sel adalah A1, B12, Z20. Huruf menandakan kolom, sedangkan angka menandakan baris. Jadi, A1 merupakan sel pada kolom Adan baris 1. Range, merupakan sekumpulan sel. Contoh range ditunjukkan dengan notasi A1:A12, artinyasekumpulan sel dari nomor A1, A2, A3, sampai dengan A12.Selain menggunakan mouse danmenggerakan scroll bar, untuk melakukan manuver pada embar kerja, kita dapat jugamenggunakan beberapa tombol yang terdapat pada papan tik (keyboard). Tabel berikutmemperlihatkan pemakaian tombol-tombol tersebut.

Beberapa fungsi dalam openoffice Calc mirip dengan fungsi yang di gunakan di Excel. Contoh-contoh fungsi pengolah angka yang sama dengan Excel yaitu seperti pada tabel berikut.

Fungsi Kegunaan Penulisan
SUM Menjumlahkan pada angka pada sel atau range =SUM( )
MAX Menampilkan nilai terbesar dari suatu range data numerik =MAX( )
MIN Menampilan nilai terkecil dari suatu range data numerik =MIN( )
AVERAGE Menampilan rata-rata dari suatu range data numerik =AVERAGE ( )
COUNT Menghitung jumlah data yang bersifat numerik dari suatu range =COUNT( )
COUNTIF Menghitung jumlah data yang bersifat numerik yang terdapat pada range tertentu sesuai dengan kriteria yang ditentukan =COUNTIF( )
COUNTA Menghitung jumlah semua jenis data dari suatu range =COUNTA( )
SUMIF Menjumlahkan data yang bersifat numerik dalam suatu range data dengan kriteria tertentu =SUMIF ( )
IF Untuk menghasilkan nilai dari satu logika yang diuji kebenaranya. =IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
INDEX Menampilkan data (isi dari suatu set)pada tabel array berdasarkan nomor baris dan nomor kolom =INDEX(array,row_num,col_num)
VLOOKUP Menampilkan data berdasarkan tabel referensi dalam format vertikal.Syarat penyusunan tabel referensi harus urut. =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index,num)
VLOOKUP Menampilkan data berdasarkan tabel referensi dalam format vertikal.Syarat penyusunan tabel referensi harus urut. =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index,num)


Bagian Utama OpenOffice Calc

1. Baris Judul

Baris Judul terdapat pada bagian paling atas dalam jendela program. Bagian ini memuatketerangan tentang perangkat lunak yang sedang kita gunakan dan nama file yang sedang aktif. Di ujung sebelah kanan Baris Judul terdapattiga tombol pengaturan jendela, yaitu tombol minimized, maximized/restored, dan closed.

2. Menu Pulldown

Menu Pulldown berfungsi untuk menampilkan perintah pada menu File, Edit, View,Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help.

3. Toolbar Standar

Toolbar Standard menampilkan sejumlah ikon untuk beberapa perintah cepat sepertimenyimpan file, mencetak, dan sebagainya.

4. Menu Formating

Menu Formating digunakan untuk memformat huruf dan kalimat, seperti jenis huruf,ukuran huruf, huruf besar, huruf miring, garis bawah, dan masih banyak lagi.

5. Pointer

Pointer dapat digunakan seperti mouse pada layar. Pointer dapat juga digunakan untuk memblok sebuah wilayah pada lembar kerja.

6. Lembar Kerja

Lembar kerja digunakan sebagai tempat untuk bekerja/menulis/menghitung. Sebuah filedapat menyimpan beberapa lembar kerja yang dapat saling berkaitan.

7. Scrool Bar

Scroll Bar digunakan untuk menggulung layar ke atas atau ke samping.

Keunggulan/fitur-fitur yang dimiliki yaitu :

  • Advanced DataPilot Technology yang memungkinkan pengguna mengambil data dari database perusahaan
  • Intelligen Sum Button untuk menambahkan fungsi penjumlahan  atau subtotal secara otomatis
  • Natural Language Formulas yang memungkinkan pengguna membuat rumus dengan kata-kata yang umum
  • Wizard yang memadukan pengguna untuk memilih dan menggunakan fungsi-fungsi yang kompleks di lembaran kerja
  • Dan lain lain

Sekian :)



Reply

Current ye@r *

Copyright © 2014 helmina.zega's blog All rights reserved. Theme by Laptop Geek.